9. Seleksi Graduate Development Program Commonwealth Bank

IMG-20131026-WA0000

Sabtu 26 Oktober jam 4 sore, gambar diatas datang dari Rima dengan tulisan “San, semangat ya besok interviewnya

Gue diem sejenak.

Oke…. INI APAAAA?

Posisi gue lagi di Mall Kelapa Gading jalan sama mama, dan gak tau apapun mengenai GDP ini.

Meanwhile gue kebingungan di Jakarta, di Sasana Budaya Ganesha Bandung lagi ada jobfair gede dari Jumat-Minggu. Biasanya sih lulusan ITB Oktober kaya gue ini lagi disana keringetan, ngantri, lihat-lihat brosur, daftar kerja, dll. Karna ada urusan 2 hari di Jakarta, gue baru bisa dateng jobfair hari Minggu. Tapi gue mikir kalau fisik gue baru bisa dateng Minggu, CV gue kan bisa duluan sampai di booth perusahaan. Atas dasar inisiatif, gue nitip CV ke temen (Dion) yang dateng jobfair dan gue kasih daftar perusahaan yang gue mau.

Nah, ketika Rima ngirimin gambar diatas via whatsapp, gue lumayan kaget. Gue pikir masa gue gak dihubungi secara resmi. Kalau Rima gak ngasitau, apa kabar interview gue? Terus di foto itu gak ada keterangan tempat dan perusahaan apa yang mengundang gue. Later on gue tau dari Dion kalau ternyata itu seleksi lanjutan Commonwealth Bank (selanjutnya disebut CommBank).

(btw akhirnya gue dapet SMS pengumuman seleksi CommBank hari Sabtu jam 11.40 malem…..)
Puji Tuhan ada Rima.

Persiapan gue buat seleksi 1 minim banget, paling cuma sempet googling mengenai CommBank dan GDP itu sendiri, trus gue sempet baca-baca testimoni alumni GDP CommBank sebelumnya dan gue jadi tau GDP yang lagi gue ikutin ini adalah Batch 3.

Untuk GDP CommBank batch 3 ini, seleksi dilakukan di 4 kota, dan Bandung adalah kota terakhir. Gue lupa di kota mana aja seleksi GDP dilakukan. Kata pihak mereka, tahun ini akan dipilih 12 orang saja untuk lolos GDP. Kalau lolos, gue akan dilatih selama 24 bulan (20 bulan di Jakarta, dan 4 bulan di Australia). Selama 4 bulan di Australia itu gue akan belajar di New South Wales University. Jadi dalam seminggu, kegiatannya 3 hari kuliah, 2 hari kerja di CommBank Aussie, dan 2 harinya libur weekend hehe.

Kalau gue masuk sini berarti gue bakal investasi 2 tahun berharga gue buat GDP. Kalau bukan rencana Tuhan gue disini, gue berdoa supaya gak keterima. Gue gak mau habiskan 2 tahun untuk sesuatu yang ternyata bukan tempat terbaik gue. Oiya, dan selama ngedoain tempat kerja, satu hal yang selalu sama yang gue minta ke Tuhan adalah tempat kerja dimana gue antusias dengan pekerjaannya (sesuai dengan passion gue) dan walaupun kerja, gue tetep bisa melayani Tuhan.

Karena:

1. ‘Kerja tanpa passion’ itu kaya neraka di bumi.

2. Kalau hidup gak melayani Tuhan, hidup gue akan sia-sia, karna untuk itu gue diciptakan. Ibarat HP yang gak bisa sms+telpon, begitulah hidup gue tanpa melibatkan Tuhan didalamnya. Selain itu, gue tau kalau waktu-gak-kerja gue gak dipakai untuk melayani Tuhan, besar kemungkinan gue hanyut dalam kegiatan yang menghabiskan banyak duit (shopping, jalan2 cimpi di kafe2 gavl, nonton bioskop never ending, dll). I mean gue bukan orang anti sosial, tapi kalau selain kerja, isi kegiatan gue CUMAN itu, I could dieeee.

Oiya, gue adalah orang yang percaya pada kuasa doa, dan bahwa setiap kalimat yang gue ucapin di doa itu signifikan karna gue anak Allah. Jadi gue minta ke Tuhan, sepahit-pahitnya Commonwealth Bank ini bukan buat gue, gue minta supaya jalan gue jangan langsung di-cut di seleksi pertama hehe. Gue berdoa minta supaya lolos sampai beberapa tahap, soalnya gue penasaran sama seleksi GDP CommBank. Myemye.

Maka, malam itu gue tidur dengan perasaan secure, tanpa khawatir, dan tahu Tuhan memegang masa depan gue. Bagian gue adalah kerjakan se-rawr mungkin untuk tes besok.

Keesokannya, *lompat ke saat gue berada dalam ruang seleksi*
Jadi ternyata seleksi hari itu adalah written test. Gue pikir sebelumnya bakal ada wawancara gitu. Haha gue gak bawa kotak pensil, syukur ada pena nyelip di tas. Beneran gue gak nyiapin alat tulis lain, seperti type-x dan pensil (jangan ditiru).

Seleksi 1
Kertas soal dibagiin. Waktu yang diberikan 45 menit. Jumlah soal ada 54 dan ada 4 bagian: bahasa Indonesia, bahasa Inggris, Struktur, dan Matematika.

Di bagian bahasa Indonesia itu, soal-soalnya menguji kemampuan lo dalam mengetahui mana kalimat yang sesuai EYD, mana yang gak. Di bagian bahasa Inggris muncul pertanyaan-pertanyaan kaya tes TOEFL sih. Ada bacaan yang jadi sumber pertanyaan. Selain itu ada pertanyaan tentang grammar juga.

Di bagian Struktur, yang keluar adalah soal logika, kaya soal yang keluar kalau tes TPA. Trus di bagian Matematika, ada soal deret aritmatika kaya yang di tes-tes TPA itu loh. Seru sih ngerjain soal yang matematika. Asal inget waktu aja haha. Oiya dan ngerjain ini so pasti gak boleh pake kalkulator ya.

Puji Tuhan gue lolos… (gak sekaget itu karna udah doa malam sebelumnya hehe)

Setelah lolos langsung ada tes lanjutan, written test juga, dan hari itu juga.

Kali ini dibagiin print-out 4 artikel. Dari 4 artikel itu kami harus pilih satu untuk dibuat ringkasan dan analisisnya dengan bahasa Inggris dalam waktu 15 menit. Puji Tuhan gue gak panik. Dari 4 bacaan itu, 2 artikel mengenai isu internasional dan 2 artikel lainnya mengenai isu lokal, tapi gue lupa apa aja topiknya. Topik yang gue pilih adalah “BBM for android” karna paling simpel buat dibikin ringkasannya dalam waktu 15 menit hehe. Esai ini akan disaring lagi mana yang lolos untuk presentasi di Jakarta, mana yang tidak.

Dan gue lolos seleksi tahap ini.

Berikutnya hari Jumat 1 November, gue diundang untuk mengikuti seleksi presentasi dan wawancara. Jadi gue akan presentasi 10 menit mengenai esai singkat yang udah gue tulis di seleksi 1 dan akan ada sesi tanya jawab selama 5 menit. Oke, up to the challenge.

Seleksi 2
Dateng juga nih hari H, karna disuruh jam 9 udah sampe kantor CommBank, gue berangkat dari rumah di Cibubur jam 5.10. Padahal jujur malemnya gue gak bisa tidur sampai jam 1.41 huhu. Jadinya gue tidur di sepanjang jalan deh menuju kantor. Makasih mama yang udah supirin :3

Gue sampai di kantor CommBank di Wisma Metropolitan II Jl. Jend. Sudirman kav 29-31 jam 8. Kawasannya enak banget buat kerja ya, itu pertama kalinya gue menginjakkan kaki di kawasan perkantoran Sudirman. Sebelum naik ke lt. 15 tempat tes, gue nyari toilet dulu pastinya. Bukan buat dandan, tapi buat latihan presentasi di bilik toilet! Can’t get enough of practicing, guys. Pas di toilet gue ketemu cewek muda gitu, trus gue nanya mbaknya kerja disitu ya, trus nanya udah berapa lama. Haha gak penting sih.

Oke 8.44 gue naik ke lt. 15, dan siap untuk presentasi. (Oya mungkin lo berpikir gila Sandra dari jam 8.00-8.44 latihan aja tuh di bilik toilet? gak kok guys, gue sempet nongkrong di depan Dunkin Donut, trus foto #sempetabis, dan mendengarkan nasehat mama hehe)
Malamnya gue udah siapin jawaban buat pertanyaan-pertanyaan yang kira-kira keluar, seperti:
1. Kenapa anak tenik mau kerja di bank?
2. Kenapa mau kerja di bank ini dan bukan bank lain?
3. Apa yang kamu tahu tentang CommBank?
4. Kenapa kamu tertarik dengan isu finansial?
Gue nyiapin jawaban dalam bahasa Inggris dan Indonesia.

Pas sampai, gue dikumpulkan bersama orang-orang lainnya yang mau tes juga. Seneng ketemu temen baru, ada Peter, Ara, Alida, Disti, Iftita, Rika, dan Sandro (kek nama twin aing di ITB). Mungkin kalau gue & Sandro keterima GDP, we could be best friends hehe. Total 8 orang ini dari Bandung semua. Kayanya yang dari kota lain udah seleksi duluan hari-hari sebelumnya.

Ternyata oh ternyata ya guys,
gue menunggu 5 jam untuk 15 menit.
Gue udah tepar karna bangun jam 4.30 paginya, nyampe di lt.15 jam 8.46, dan baru masuk ruang tes jam 14.15. Syukur ada temen lain jadi bisa ngobrol sedikit di kala menunggu, walau gak serame itu karna mereka juga capek nunggu.

2.15
Gue masuk dan salaman dulu dong pastinya sama interviewer. Sambil senyum juga. Gue merasa sih senyum gue jenis senyum-percaya-diri.

“Sandra.. kamu kok kelihatan tegang”

Yah sedih, padahal gue gak tegang dan malahan merasa excited. Emang mimik muka gue suka disalah-artikan orang.

“Sandra kita punya waktu kira-kira 15 menit untuk tahu kamu ini orangnya seperti apa”

Oke.
Gue udah bawa kertas kecil gitu yang isinya poin-poin penting presentasi gue,

“Pak saya boleh pake ini gak? hehe”
“Udah taruh aja kertasnya disitu” sambil menunjuk pojokan meja

Okelah gue taruh kertasnya dalam posisi kebalik. Yaudah gue mulai presentasi bahan yang udah gue siapin dalam bahasa Inggris. Emang gak se-flawless itu, tapi semua poin gue di kertas kecil tadi tersampaikan. Beres presentasi, CV gue ditanya-tanyain. Terus gue juga banyak ditanyain mengenai financial planning, investasi, dan saham. Syukur pernah training 3 hari di Valbury Asia Futures, menolong banget. Ohya, yang paling gue inget tuh gue ditanya apa yang gue ketahui tentang OJK?

Buku apa yang sudah kamu baca untuk menambah ilmu kamu tentang Financial Planning?

Buku yang baru saya baca mengenai itu sih Rich Dad, Poor Dad-nya Robert Kiyosaki, Pak. Tapi memang buku itu lebih cocok buat klien saya kalau saya jadi financial planner nanti, bukan buat saya.

Kamu harusnya baca lebih banyak lagi buku mengenai financial planning. Di toko buku banyak kok, mulai dari punya Ligwina Hananto, dan blah blah blah.

Baik pak. (dalam hati: fix habis ini ke Gramedia)

 

Wawancara gue bilingual. Setengah pertanyaan pake bahasa Inggris, sisanya pake bahasa Indonesia. Oiya, interviewer gue baik bangeeeeet. Senyumnya mengayomi. Dan dia agak surprised tau gue anak Bontang, ternyata dulu dia pernah tinggal di Bontang beberapa bulan dan tinggal di rumah seorang bapak yang apparently adalah kenalan bokap gue waktu di PKT. Eaaa dunia sempit apa pergaulan terlalu luas. Oya, tips dari gue waktu menjawab pertanyaan jangan terlalu menutup diri dan cuma menjawab sekenanya aja. Please do explain karena waktu kita terbatas sementara mereka harus mengumpulkan informasi sebanyak mungkin untuk menganalisa apakah kita berhak lolos tahap berikutnya atau tidak.

Waktu gue keluar dari ruangan, Alida bilang gue didalem 20 menit lebih. Wah gua harap itu poin lebih gue, soalnya yang lain rata-rata 15 menit doang. Gue harap waktu yang lebih lama itu meninggalkan impresi yang lebih dalam & lebih bagus tentang gue di hati interviewer :3
Katanya pengumuman gue lolos apa gak akan diberitahu dalam 2 minggu. Kalau gue lolos, blog post ini berlanjut. Kalau gak, berarti ini akhir cerita gue mengenai seleksi GDP Commonwealth Bank.

***

Tanggal 15 Januari 2014 akhirnya jadi hari pertama gue kerja. Lihat ceritanya yang heboh disini.

Advertisements
Tagged , ,

2 thoughts on “9. Seleksi Graduate Development Program Commonwealth Bank

  1. Melly Nia says:

    Sangat memberkati lho, San. Kk baca dr awal mpe akhir, so proud with u, Congratulation for ur graduation.
    Sangat senang liat km begitu pintar, San. Banyak teman yg menyayangi kamu, Orang tua yg sll mdukung kamu.
    Selamat memasuki dunia kerja yg tkadang ‘melelahkan’! Enjoy it, say!GBU

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Advertisements
%d bloggers like this: