96. 10 Bible Verses I Never Knew Existed

Postingan ini terinspirasi oleh temen Jovita karna tweetnya tempo hari.

victoria

Gue mau share 10 ayat yang pernah bikin gue kaget waktu bacanya, karna gak pernah tau ada ayat demikian tercatat di Alkitab. Ayat-ayat ini ngasih perspektif dan pemahaman baru ke gue (dan mungkin juga ke lo, #mungkin).

1. HATI-HATI MILIH INNER CIRCLE

Selama ini taunya ayat tentang pergaulan itu 1 Korintus 15:33, tapi ternyata ada ini juga (dan mungkin ada ayat lain):

Amsal 22

(ay. 24) Jangan berteman dengan orang yang lekas gusar, jangan bergaul dengan seorang pemarah

(ay. 25) supaya engkau jangan menjadi biasa dengan tingkah lakunya dan memasang jerat bagi dirimu sendiri.

Jadi jangan kaget kalau ikutan ngomong kasar begitu bergaul sama orang yang suka ngumpat. Yang tadinya gak suka ngomong kasar, trus beberapa waktu kemudian bisa menganggap ngomong kasar itu biasa aja 😦

2. SIAPA YANG TAU KALAU KITA PUNYA OTORITAS ATAS MOOD KITA?

Psalm 42

(verse 5 & 11) Why are you downcast, O my soul? Why so disturbed within me?

Put your hope in God, for I will yet praise Him, my Saviour & my God.

Cool, berapa banyak dari kita yang suka dikalahin sama mood dan kesedihan sendiri…

Kalau ngeliat Daud ngomong disitu, dia ngomong pake “me” and “you” berasa lagi ngomong sama orang yang berbeda, padahal dia lagi ngomong sama dirinya sendiri. Daud emang punya banyak masalah, banyak banget musuh yang benci sama dia. Tapi dia gak mau dikalahin sama perasaan, dia memerintahkan hati sedihnya untuk berharap & memuji Tuhan.

Dan dia ngelakuin ini lebih dari sekali (mungkin karna sekali belum ngefek). Dia terus perintahkan hatinya untuk berharap di ayat 5, diulang lagi di ayat 11, dan dia ulangi lagi di pasal 43. 😉

3. HEART CONDITION CAN MAKE A DIFFERENCE!

Amsal 18

(ay. 14) Orang yang bersemangat dapat menanggung penderitaannya

Jadi jangan terus nyalahin masalah dan kondisi eksternal. Perbedaan bisa dimulai dari dalam diri.

4 & 5. GAK NGERTI LAGI, KENAPA TUHAN SAYANG BANGET SAMA MAKHLUK TERBUAT DARI DEBU

Yesaya 54

(ay. 6) Sebab seperti istri yang ditinggalkan, dan yang bersusah hati, Tuhan memanggil engkau kembali.

GOSH. Why, God. Why you love this world THAT much? Ngebayangin sedihnya Tuhan melihat manusia seperti istri yang ditinggalin di rumah dan nungguin suaminya itu ……. gak bisa gue jelaskan.

Yeremia 3

(ay. 6) Tuhan berfirman kepadaku: “Sudahkan engkau melihat apa yang dilakukan Israel, perempuan murtad itu, bagaimana dia naik ke atas setiap bukit yang menjulang dan pergi ke bawah setiap pohon yang rimbun untuk bersundal di sana?

(ay. 7) Pikir-Ku: Sesudah melakukan semuanya ini, ia akan kembali kepada-Ku, tetapi ia tidak kembali..

Gue pas baca ini kaget sih. Jadi waktu ngelihat umatNya berdosa, Tuhan malah berpikir “kapan sih kalian kembali padaKu?” GOSH! Tuhan sayang banget sama kami, makhluk kecil terbuat dari debu ini. Bayangin deh waktu kita lagi berbuat kekejian, Tuhan bukannya mengintimidasi, malah merespon dengan kasih. :((((((((

6. AKU MAU PERCAYA, TAPI BANTU AKU UNTUK PERCAYA!

Markus 9

(ay. 24)  Segera ayah anak itu berteriak: “Aku percaya! Tolonglah aku yang tidak percaya ini!”

Keren ya. Dalam 1 kalimat, ada pernyataan yang saling kontradiktif gitu, “aku percaya” dan “aku tidak percaya”. Gue amazed waktu bacanya karna yang gue tangkep, bapak ini mau banget untuk percaya, tapi dia juga ngaku kalau imannya belum sempurna dan dia minta tolong Tuhan mengatasi ketidak-percayaannya 🙂

7. YOU’RE FREE TO CHOOSE, BUT YOU’RE NOT FREE TO CHOOSE YOUR CONSEQUENCES

Yeremia

(4:18) Tingkah langkahmu & perbuatanmu telah menyebabkan semuanya ini kepadamu. Itulah nasibmu yang buruk.

(5:25) Kesalahanmu menghalangi semuanya ini, dan dosamu menghambat yang baik dari padamu.

Jangan jadi serem dan takut dateng ke Tuhan ya abis baca ini 🙂

8. MAU CONTOH GIMANA TUHAN MELIHAT JAUH KEDEPAN BUAT HIDUP KITA?

Ulangan 7

(ay. 22) Tuhan, Allahmu, akan menghalau bangsa-bangsa ini dari hadapanmu sedikit demi sedikit; engkau tidak boleh membinasakan mereka dengan segera, supaya jangan binatang hutan menjadi terlalu banyak melebihi engkau.

Pas gue baca ini, like “thoughtful banget sih Tuhan!”. Jadi ini ayat pas Israel udah di Kanaan, Tuhan bilang akan menyerahkan negeri itu ke mereka. Itu berarti bangsa-bangsa yang udah terlebih dahulu tinggal di Kanaan akan dikalahkan sama Israel. TAPI Tuhan bilang gak akan menyerahkan semua bangsa yang tinggal di Kanaan ke tangan Israel all at once.

“Loh kenapa Tuhan? Kenapa gak langsung aja?” (kebayang orang Israel udah semangat banget merebut Kanaan)

Inget gak sih kalau dulu orang hidup dari berburu binatang hutan untuk jadi makanan mereka? Kebayang gak kalau satu Kanaan langsung mati di tangan Israel, itu binatang-binatang hutan gak ada yang panahin & nangkepin dong buat dijadiin sate. Means, jumlah binatang hutan bisa jadi banyak banget melebihi bangsa Israel.

Tuhan gak mau umatNya celaka & kenapa-napa karna kalah jumlah dari binatang hutan, makanya Dia bilang “Aku bakal nyerahin mereka ke tanganmu, tapi sabar ya”. Ngerti kan kenapa Tuhan gak mneyerahkan semua bangsa di Kanaan ke Israel dalam jangka waktu yang pendek.

Hebat ya thoughtful banget!

9. KITA BISA SALAH BERDOA

Selama ini taunya ayat tentang salah berdoa itu Matius 6:5, tapi ternyata ada juga:

Amsal 28

(ay. 9) Siapa memalingkan telinganya untuk tidak mendengarkan hukum, juga doanya adalah kekejian.

Waktu beres baca ini, pemahaman yang sampai di hati gue adalah, kita bisa salah berdoa kalau kita menolak untuk mengenal Allah lewat ketetapan-ketetapan dan firmanNya. “Memalingkan telinga untuk tidak mendengarkan hukum” itu maksudnya gak memandang penting, atau gak mau tau apa perkataan Tuhan. Sikap hati yang gak mau dengar-dengaran apa kataNya, gak mau sedia waktu untuk mencoba mengerti apa yang diinginkanNya.

Padahal dengan melakukan itu, kita bisa mengenal Tuhan. What’s the point of praying kalau kita gak mau semakin mengenal Pribadi yang menjadi tujuan doa kita? Cuman kaya minta sesuatu dari orang yang gak terlalu tertarik untuk kita kenal dan kita jadikan teman. Parbet, alias parah banget.

Orang yang tidak mau mengenal Tuhan besar kemungkinan dipenuhi oleh keinginan-keinginan daging dia. Jadi kalaupun dia berdoa, doanya salah karna datang dari kedagingan untuk memenuhi ego dia.

Baca ini jangan jadi bikin gak semangat buat berdoa ya. Kesimpulannya bukan “yaudah gue gak doa aja daripada doa gue jadi kekejian”.

Tapi, “yaudah gue mau spent waktu buat tau apa isi hukumNya dengan baca Alkitab supaya gue gak salah doa”.

10. YOUNG LADIES, TAKE CARE OF YOURSELF, BECAUSE…

Song of Songs 4

(ay. 12) You are a garden locked up, my sister, my bride; you are a spring enclosed, a sealed fountain.

Kata “garden”, “spring”, dan “fountain” itu menggambarkan keindahan. Tapi gak semua keindahan harus dinikmati saat itu juga kan. Lihat kata “locked up”, “enclosed”, dan “sealed”. Young ladies itu ibarat keindahan yang memiliki timeline sendiri untuk di-“unlocked” dan di-“unsealed”. You know what I mean.

***

Dulu pas kuliah, gue gak paham seberapa pentingnya baca Alkitab. Gue memandang derajat doa lebih tinggi daripada baca Alkitab, jadi kalau udah doa gak perlu baca Alkitab. #JANGANDITIRU. Gue salah total. Ternyata pembacaan Alkitab justru memperkaya kehidupan doa. Karna baca Alkitab bikin makin kenal Tuhan, komunikasi (doa) jadi lebih efektif karna gue makin kenal kepada siapa gue berdoa 🙂

Juga, isi Alkitab itu relevan banget sama kehidupan kita sekarang di tahun 2015, walau surat-surat Alkitab udah ditulis like ribuan tahun yang lalu. Will always have and will always be relevant. Waktu spent baca Alkitab, ngabisin kitab demi kitab, gue menerima banyak banget revelation dari Firman yang hidup ini. Ini cuma 10 yang gue share, gue yakin abis ini bakal dibikin lebih wow lagi dengan kedalaman FirmanNya.

Yuk spent waktu baca Alkitab, you’ll be stunned by the richness of its wisdom!

Take delight in His words, as they are our Mighty Counselors.

Open my eyes that I may see wonderful things in Your law – Psalm

(punya ayat yang you never knew existed juga? Komen ya, I’d love to know! ^^)

Advertisements

11 thoughts on “96. 10 Bible Verses I Never Knew Existed

  1. susi says:

    belajar dan belajar lagi,
    Nice writing, thankyou ya

    Like

  2. victoriaye says:

    Aku dong, aku mau nge-share juga! *melambai-lambaikan tubuh* (?)

    2 Petrus 5
    15) Anggaplah kesabaran Tuhan kita sebagai kesempatan bagimu untuk beroleh selamat,
    14)…sambil menantikan semuanya ini, kamu harus berusaha, supaya kamu kedapatan tak bercacat dan tak bernoda di hadapan-Nya.

    Aku akhir-akhir ini baru buka alkitab. Jadi mungkin nggak se-expert kakak. Jadi, yah… *mundur perlahan*

    Wah, kak, aku juga gitu. Baru tau nikmatnya baca alkitab pas kuliah. Pas semester tengah-tengah pula. Like, i don’t even know apa aja yg selama ini aku kerjain di smp, sma, awal kuliah. Paling baca doa sebelum tidur dan sebelum makan ( kayak obat maag, dimakan sebelum- oke, menyimpang).

    Itu pun doanya kadang ketuker. Mana yang buat makan, mana yang buat tidur (HAHA enggak tau diri nih anak).

    Dan aku baru tau kalo selama ini semua yg aku kerjain itu useless, termasuk achievement, itu useless. Ngerjain, iya, tapi nggak tau maksud dan tujuannya apa. Sekarang, pas udah mulai mencoba untuk rajin-rajin baca alkitab aku sih……nggak ada yg berubah. Masalah tetep banyak, nangis masih kenceng, terkadang amarah masih belum bisa ditahan (the biggest problem for me, anger management).

    Tapi kok aku malah jadi malah tambah semangat untuk ngelanjutin ya. Rasanya seperti Tuhan mau aku terus deket-deket ama dia, dan akunya juga jadi nggak mau jauh. Setiap pagi renungan, setiap aku baca another words of wisdom dari Dia, aku kayak dipeluk Dia, terus kepalaku di puk-puk gitu. Like He’d say: “Everything’s gonna be alright, Kid. I’ll hold your hands. Now, shoo! Go to school!”

    Kayak ftv…tapi begitulah. Maafkan.

    Banyak yg mau aku ceritain kak, tapi sikonnya itu sekarang aku mau mandi setelah menjadi lumut di kamar kosan berhari-hari. Byeee kak! Keep writing ya. At least kalo kakak sering nulis kayak gini, at least i know there’s someone else who is fighting to be closer to God. Jadi, aku ada temennya dan nggak bakal khawatir ^^

    *menghilang dibawa angin*

    Liked by 3 people

    • jovalista says:

      HAI Citra!!! Maaf gue jebe di sini, cuma mau bilang betapa senangnya gue membaca comment ini. Gak nyangka Citra sekarang udah bertumbuh banget apalagi mengingat masa2 kita persekutuan pas SMA hehehe. Semoga kamu makin jatuh cinta sama Tuhan Yesus dan makin sering membaca Firman-Nya yak, Cit! :’)

      Liked by 2 people

    • Hai Citraaa!! (Jadi namany Citra apa Victoria? haha)
      Seneng banget you took my question seriously! Tuhan setia banget ya, Dia selalu berusaha menyadarkan kita dan memanggil kita untuk lebih dekat denganNya..
      Gak ada yang kebetulan Jovi ngeRT ya 😉

      Nice to meet you di dunia maya!

      Like

  3. victoriaye says:

    Ohiya. Aku temennya kak Jovita yg itu. Ok. Byee.

    *kali ini bener-bener menghilang dibawa angin*

    Liked by 1 person

  4. matablams says:

    Hi Clarisa..

    Feel great when read this article 🙂
    Setelah membaca ini, kita diingatkan bahwa kita banyak diberikan landasan untuk memilih jalan masing-masing termasuk konsekuensinya.. apapun yang kita pilih di kehidupan ini pasti ada sesuatu yang melatarbelakanginya.
    Iman menjadi basic thing / latarbelakang dan ternyata peranannya akan semakin besar saat kita sudah memilih jalan hidup dan menjalaninya (Baca: pembentukan karakter.)
    Tidak cukup di situ, kita ditunjukkan bahwa lingkungan tempat kita bertumbuh juga dapat mempengaruhi pilihan hidup kita.
    Balik lagi ke landasan hidup… Baca kitab suci, doa tiap hari (yang ada di lagu sekolah minggu, dan secara ga sadar gw nyanyiin, ditambah lagi diikutin anak gw nyanyiin lagu itu seharian hehehehe) bisa memperkaya pengetahuan kita akan hidup yang benar..
    Dan itu semua harus masing-masing dari kita yang memulai..
    Siapa yang diuntungkan dari itu semua?
    Kita? Tentunya.. dan yang lebih kerennya adalah setiap orang yang hidup di sekitar kita akan merasakan Kasih Allah yang terpancar melalui kita.

    Sorry ya.. panjang banget komennya.. macam nge-blog di rumah orang aja hehehehe

    Liked by 1 person

  5. sandrosirait says:

    mana yah tombol untuk reblog?

    Like

  6. sandrosirait says:

    Reblogged this on KATA NYA and commented:
    AMEN! Alkitab masih relevan dengan kehidupan kita. Banyak kebenaran yang kita perlu dengar tapi kita ga tau tertulis di Alkitab.

    Thank you for writing this article.
    Tulisannya ringan, enak dibaca, penuh kuasa, dan bikin kita jadi pengen kenal Tuhan lebih lagi :’)

    Mari merenungkan firman Tuhan lebih dan lebih lagi!

    GBU readers.

    Like

  7. […] Terus semua berubah semenjak gue baca postingan ini.  […]

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Advertisements
%d bloggers like this: