Category Archives: mahasiswa

99. The Untold Story of One’s Past (2)

(Lanjutan dari bagian 1)

Bulan Juli 2013, para mahasiswa ITB sedang libur panjang. Apa yang mereka lakukan? Ada yang bermalas-malasan di kamar, menempa kemampuan diri dengan ikut ini-itu, atau berlibur keliling Jawa. Ada juga yang menangis sendiri di dalam mobil yang terkunci dari dalam.

Kamu. Tidak perlu takut dianggap freak, karna mobilmu adalah satu-satunya mobil yang terparkir di kosan. Kamu bebas menangis sebanyak yang kamu butuh.

Aku ingat saat hari-hari ini ada 2.5 tahun yang lalu. Kamu sulit dihubungi. Bisa, tapi lama dibales. Kalau mengutip mamamu, “lebih susah nyari kakak daripada nyari ibu Negara”. Yang paling aku khawatirkan, kamu putus di bulan-bulan penting calon wisudawan Oktober. Inget kan kalau kamu masih di awal bab 3 bulan ini? Bab 1 dan 2 juga belum disetujui bu Dwina. Teman-temanmu baru lulus, dan kamu? Putus.

Continue reading

Advertisements

97. The Untold Story of One’s Past (1)

Awannya begitu pekat, dan hujannya begitu lebat. Si Abu-Abu berhasil menghalangi cahaya matahari melakukan tujuannya: memberikan kehidupan bagi tumbuhan kecil.

*

Temanku melihat kalender di HP. Ekspresinya yang bagaikan akuarium segera memberitahu apa yang ada di hatinya.

Takut.

Dia sudah mendapatkan jawabannya.

“Tidak”. “Bukan”. “Enggak”.

Dia sudah mengujinya juga. Tapi jawabanNya masih sama.

Khawatir, takut salah, dia menghubungi orang yang bisa ia percaya.

“Ma, aku sebenernya dapetin enggak, Ma. Gimana nih, ma, besok kita ketemuan. Aku bilang enggak aja ya, ma.”

Continue reading

91. Libur 3 Bulan Ngapain Aja Tuh?

Chat sama junior Teknik Lingkungan ITB kemaren bikin jari gatel sih.

Screenshot_2015-05-26-16-13-07 Screenshot_2015-05-26-16-13-19 tweet
Sebagai alumni ITB yang udah kerja, mendengar kabar bahwa ada libur 3 bulan itu kaya.. kaya… dongeng di malam hari!

Hati gue sakit banget (drama) kalau ada junior yang menyia-nyiakan libur 3 bulannya. Tadi gue tanya temen gue alumni IPB dan dia bilang mereka biasanya libur cuma 3 minggu loh, maksimal sebulan. Kita anak ITB bisa libur 3 bulan? Hellloooooo.

Guys, kalo lo udah lulus dan memilih kerja kantoran, gak ada lagi tuh libur 3 bulan buat kalian (kecuali yang cewe bisa libur 3 bulan tar pas cuti hamil). Jangan sampai lo kaya Chandler yang melihat temennya ngerjain ini-ngerjain itu, tapi dia & Joey gak ngapa-ngapain & menyia-nyiakan hidup mereka.

</3 </3 </3

Ada 2 tipe orang yang menghadapi libur panjang:

Tipe 1 berkata “Justru karna ini liburan…”, dan udah ngebayangin puluhan episode serial yang akan ditonton seharian, games yang akan ditamatkan, dan jam-jam tidur yang diambil sampai puas!

Tipe 2 berkata “Justru karna liburan!”, dan udah ngebayangin banyak hal yang bisa dia lakukan karna punya banyak waktu kosong, ambil short course X, desain baju Y, dll.

KAMU YANG MANA?

Continue reading

Tagged ,

89. Cara Diterima di Perusahaan yang Kamu Inginkan A la Sandra

Kemaren dapat kesempatan bicara di depan mahasiswa tingkat akhir ITB yang luar biasa & passionate tentang masa depan mereka. Karna pembicara talkshow & sub-topiknya ada beberapa, gue kebagian menyampaikan tentang “cara diterima di perusahaan yang diinginkan”.

Ngisi bareng 3 alumni ITB 2007 yang kerja di British Petroleum, Pertamina, dan satu lagi full-time mother yang pernah kerja di Schneider Electric :)

Ngisi bareng 3 alumni ITB 2007 yang kerja di British Petroleum, Pertamina, dan satu lagi full-time mother yang pernah kerja di Schneider Electric 🙂

Gue seneng kalo dapet kesempatan bicara di depan, karna berarti dapat kesempatan gratis buat belajar public speaking hoho.

Yang challenging dari sesi ini adalah, karna narasumber talkshownya ada 3, masing-masing cuma dapet 10 menit untuk menyampaikan topik yang udah dipilh. Soalnya waktunya bakal diperbanyak di sesi tanya-jawab.

Duh gimana caranya menyampaikan materi yang bisa jadi 1 buku dalam 10 menit? Finally gue bikin 4 slide simple dan singkat buat sesi gue.

konten sandra (2)

Anyway, sedikit tips singkat tentang bikin slide presentasi dari gue:

Continue reading

Tagged , , ,

88. Relasi Rusak Karna Kamu Salah Analisis Data, Dear

Sore hari di SC Johnson, gue lagi bantuin bos nyari angka baseline buat tahun depan,

“Sa, coba cari average salesnya perbulan” (ceritanya gue dipanggil Clarisa ama bos)

Semenit kemudian,

“Bos” (nunjukin laptop)

“Kalo nyari average sales yang lebih tepat itu take out data outlierny. Biar dapet angka yang lebih akurat” (mengambil alih laptop gue)

contoh jualan per bulan

contoh jualan per bulan (data palsu)

Yap jadi lo bisa liat kan dari contoh data jualan diatas, kebanyakan angkanya ratusan. Kalo ngeliat kolom paling kanan, angka average 649 didapet kalo gak mengeluarkan data outlier dari perhitungan.

Outlier: (Statistics) a data point on a graph or in a set of results that is very much bigger or smaller than the next nearest data point.

Sedangkan angka average 534 didapat dengan mengeluarkan angka outlier 89, 50, dan 2850. Lo liat kan gimana angkanya bisa beda banget setelah mengeluarkan 3 data outlier. Kalau mau nyari angka average yang lebih akurat buat forecast jualan di tahun depan, baiknya pake angka average yang gak mengikut-sertakan data outlier.

*

Di suatu sore, terjadi percakapan antara gue dan teman yang baru gue kenal beberapa bulan:

“Ciyee, jadi Sandra ternyata anaknya *%$(disensor)#@* yaa..”

“Yaampun gue kaya gitu baru sekali dan lo udah nyimpulin gue kaya gitu. Satu data gak berarti apa-apa, men.

Continue reading

Tagged , ,

67. Tips Magang Yang Mahasiswa Butuhkan

Hai, gue nulis ini waktu lagi mati gaya nunggu taksi di Kemang Village. 6 menit menuju jam 11 malam, dan masih ada beberapa orang yang ngantri taksi.

HP udah lowbatt, demikian pula dengan tablet. Kebiasaan. Mau denger file audio, gak bawa headset.

Uhm nyam, ngapain nih yah. Notes ditinggal di kantor, jadi gak bisa corat-coret. Buku Biz Stone ditinggal di kosan.

Oiya ada laptooop!

***

Kalau lo pengen maksimal belajar saat kerja praktek, maka tulisan ini buat lo.

Gue udah mau bikin ini dari kapan, dan akhirnya sekarang punya ‘waktu’ untuk nulisnya. Gw sangat antusias berbagi tips maksimal saat kerja praktek/magang/PKL (yah, you name it), karna KP jadi momen life-changing buat gw.

Gara-garanya pas KP tahun 2012, gue jadi tau mau kerja berdasarkan jurusan gue (Teknik Lingkungan) apa gak. Mwekekeke.

Mulai dari kalimat ini nyebutnya ‘magang’ aja ya, biar lebih umum.

Magang buat gue artinya: kesempatan mencuri ilmu sebanyak-banyaknya.

Continue reading

Tagged , ,

65. Proyek 365 Seorang Teman

Dita3

And here it is (anyway, just so you know Dita ini junior gue di TL ITB).

Continue reading

Tagged

62. Another Weekend Spent In Vain

purpose life

 Another day spent in vain,

another weekend spent in vain.

When will you stop?

Continue reading

Tagged ,

39. Jadi Putri Sehari di ITB Karna Jasa LO

*senyum-senyum sendiri*

Kenapa, San?

Ini liat wallpaper HP foto wisuda. Jadi keinget gimana dulu serunya jadi putri sehari. Seru banget, diLOin gitu, barangnya dibawain haha.

Oiya, emang semuanya gitu ada LOnya?

Iya, kalau ITB gitu. Soalnya kalau ketemu orang bakal dikasih boneka atau bunga gitu kan. Trus kita heboh kaya “Aaaa makasih” trus pluk ngasih barangnya ke LO. Jadi dia bawa shopping bag gitu buat bawain barang-barang kita hihihi.

Ihh seru hahaha. Itu emang angkatan kalian aja yang pake LO.. apa emang gitu?

Emang gitu, Fin. Kan bakalan arak-arakan tuh. Yaudah yang cewe kan pake heels, trus LO yang bawain sandal buat ganti. Trus kan kita mau kebaya kita diliat, jadi kita lepas toga. Nah itu toganya dia yang pegang. Trus kita kan juga gamau sanggulnya rusak, yaudah dia pegangin topi wisuda kita juga xixixi.

Continue reading

Tagged , , ,

16. Finalist of 9 Best Paper TICA 2013

9 Best Paper TICA 2013

A bit sad I didn’t make it to the Top 3. If I did, I may have already on a trip to Japan on last 10 November. O I know where my weakness is: I didn’t do the paper whole-heartedly 😦

I still remember in the middle of craziness doing my final project, I saw this as a second-class activity. I should have never done that. If I put my best on the paper, most likely I’d make it to the top three and make it to Japan. Lesson learned!

Anyway gue dapet info lomba ini karna gue subscribe info dari Student Competitions.

Tagged ,
Advertisements
%d bloggers like this: